Bike News : AHM perkenalkan CB650F dan CBR650F

1Sobat Bikers, masih ingat kan dengan artikel SV tentang soft launchingnya Moge dari Honda AHM yang diperkenalkan di Senayan City minggu lalu? klik sini Sob. Kini secara perlahan Honda ternyata ingin memperkenalkan varian Moge mereka kekalangan para Bikers Moge di beberapa tempat tongkrongan para Bikers agar dapat membangun awareness sehingga ketika waktunya launching yang sesungguhnya, para bikers dan masyarakat sudah cukup kenal terhadap segmen pasar yang cukup sensitif ini. Di soft launching kedua ini Honda AHM ternyata memperkenalkan line up Moge naked yaitu Honda CB650f dan CBR650f Sob dan venue kedua yang mereka pilih ini berlokasi di 365 Ecobar Kemang Jakarta pada hari Jumat 17 April 2015 malam.

Ketika SV mendapatkan pesan singkat dari pihak Honda tentang undangan soft launching ini, SV tanpa basa-basi langsung menyanggupi undangan Honda itu Sob karena memang setiap hari jumat malam biasanya adalah schedule rutin kopdarnya anak-anak SV dari berbagai daerah untuk saling berbagi informasi dan temu kangen antar sesama anggota. Maka SV berencana untuk hadir sedini mungkin ke Ecobar untuk melihat dan meliput sosok Moge Honda yang memiliki kapasitas 650cc ini sebelum anak-anak SV pada kumpul. Tapi karena memang informasi tentang soft launching Moge Honda ini begitu memikat para Moge Riders khususnya anak-anak SV terutama setelah membaca artikel SV minggu lalu, akhirnya anak-anak SV pun dengan bawel menanyakan kepada SV tentang lokasi soft launching ini dan yang membuat heran adalah ketika biasanya anggota SV cenderung jarang hadir atau malas-malasan jika diajak kumpul, eh engga tahunya banyak dari mereka yang jarang kumpul ini malah kebelet ingin kopdar Sob juga ingin melihat langsung Moge Naked honda ini. Dan mumpung mereka semua pada antusias jadi sekalian saja deh SV undang mereka semua untuk nyamperin SV ke Ecobar untuk lihat langsung, sekalian kopdar dadakan disana.

21Kira-kira pukul 19:30, SV langsung bergegas menuju Kemang Jakarta tapi menggunakan mobil Sob karena seperti mood cewek yang sulit ditebak, cuaca Jakarta pun suka begitu deh, sehingga SV pikir bakalan repot nih jika membawa perlengkapan Camera dan peralatan pendukungnya jika harus basah-basahan menuju Jakarta. Dan ketika sesampainya SV diEcobar sekitar pukul 20:30 ternyata langit tidak menunjukkan gejala-gejala yang mengkhawatirkan Sob, dalam hati, SV cuma berkata “tahu gitu tadi bawa motor aja deh” Well engga masalah juga sih karena ternyata Moge-moge yang terpajang percis didepan Ecobar Kemang ini juga engga bisa untuk ditest ride juga sih, jadi okelah kalau begitu. Sesaat SV ingin masuk kedalam Ecobar untuk bertemu pihak Honda, SV langsung dicegat oleh salah satu SPG cantik memegang tablet berisi data guest list Sob dan setelah data SV ditemukan akhirnya SV langsung menuju kedalam untuk segera mengambil beberapa angle foto tentang keadaan dan suasana interior Ecobar yang sepertinya sudah di booking oleh Honda khusus untuk event soft launching Moge ini. Kemudian setelah SV bosan ada didalam ruangan sekarang saatnya SV mengambil beberapa shot motor CB650F dan CBR650F.

5Sambil SV sibuk mengambil beberapa foto, tiba-tiba satu per satu anak-anak SV akhirnya hadir diEcobar dan tampang-tampang mereka seperti orang kebingungan Sob, maklum karena banyak diantara mereka yang jarang hadir pun turut hadir dilokasi plus ditambah lagi dicegat oleh SPG Cantik makin membuat tambah kebingungan lagi deh hehehe… Singkat cerita SV segera memberikan isyarat untuk menunggu didalam jika ingin relax dan menikmati makanan dan minuman yang sudah disediakan oleh pihak Honda atau berada dipekarangan Ecobar jika ingin melihat-lihat motor Moge Honda.

Malam semakin larut dan tanpa basa-basi SV langsung bertanya-tanya kesalah satu bagian sales Honda tentang data-data dari Honda CB&CBR650F ini baik dari harga serta spesifikasinya Sob. Pada dasarnya CB650F dan CBR650F itu adalah satu motor yang memiliki platform yang sama, jadi yang membedakan hanya dari segi penampilannya saja yang menggunakan fairing dan tanpa fairing Sob. Kedua motor ini juga memiliki mesin inline four DOHC dengan 16 valve, liquid cooled dan teknologi PGM-FI yang mengatur penggunaan bahan bakar agar lebih efisien. Disamping itu fitur lain yang dimiliki kedua motor ini adalah penggunaan part-part yang tidak cuma berkualitas tinggi tapi juga kelihatan keren abis Sob seperti pipa knalpot yang disusun rapih dari 4 ports menjadi satu yang dilapis chrome sehingga memiliki unsur elegan kemudian adanya disc brake yang berbentuk “Wavy” sehingga semakin modern dan juga dapat mendinginkan piringan secara maksimal ketika dalam kondisi hard braking. dan yang terakhir adalah penggunaan swing arm yang didesign unik dari bahan alumunium serta tampilan speedometer, tachometer, Jam, Trip Meter dan Fuel Gauge yang serba Digital plus ada LEDnya.

13Ketika SV coba duduk dikedua motor ini pun benar-benar membuat SV sempat heran Sob karena ternyata motor ini bodynya ringat banget Sob bahkan jauh lebih ringan dari kawasaki ER6, Z800 atau Z1000 kemudian tinggi joknya pun juga rendah banget dibanding Moge-moge naked atau touring lainnya jadi kedua kombinasi antara bobot yang ringan serta tinggi jok yang bersahabat untuk postur rider asia langsung membuat SV yakin bahwa Moge touring baik naked dan berfairing dari Honda ini pasti akan mendapatkan respond yang sangat positif diIndonesia. Lalu hal lain yang membuat SV cukup impress adalah suara mesin yang sangat halus dan minim getaran ketika SV coba nyalakan mesinnya plus ditambah lagi riding position yang sangat natural Sob pasti siapapun pengguna motor ini engga bakalan capek deh mau touring antar kota hingga provinsi sekalipun karena selain posisi stang yang begitu natural, Sobat Bikers harus coba duduk diatasnya dulu Sob, itu Joknya benar-benar soft dan squishy abis kaya duduk diatas jelly lho…

Well kesimpulan SV tentang moge tourer dari Honda ini sangat positif menurut SV. Namun seperti layaknya sebuah produk apapun pasti selalu ada downsidenya Sob, yaitu dari segi pricing dan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh moge ini. Yang pertama adalah Pricing, ketika SV tanya-tanya berapa kisaran harganya, Pihak Honda hanya memberikan gambaran range harga untuk CB650F dikisaran 230-255jt sedangkan untuk CBR650F dikisaran 235-260jt Sob yang mana dikisaran harga segitu konsumen sudah dapat opsi kategori Moge supersport atau superbike second dari merk kompetitor. Dan yang kedua adalah fitur dan parts yang tidak terdapat dimotor ini seperti suspensi upside down, design yang kurang begitu agresif (kesukaan rata-rata Bikers Indonesia) hingga power yang lebih rendah dibanding kompetitornya.

Berikut ini Spesifikasinya :

Engine and transmission
Displacement:    649.00 ccm (39.60 cubic inches)
Engine type:    In-line four, four-stroke
Power:    85.83 HP (62.6 kW)) @ 11000 RPM
Torque:    63.00 Nm (6.4 kgf-m or 46.5 ft.lbs) @ 8000 RPM
Compression:    11.4:1
Bore x stroke:    67.0 x 46.0 mm (2.6 x 1.8 inches)
Fuel system:    Injection. PGM-FI electronic fuel injection
Fuel control:    DOHC
Ignition:    Computer-controlled digital transistorised with electronic advance
Cooling system:    Liquid
Gearbox:    6-speed
Transmission type,
final drive:    Chain
Clutch:    Wet, multiplate with coil springs
Driveline:    #525 O-ring sealed chain
Fuel consumption:    4.76 litres/100 km (21.0 km/l or 49.42 mpg)
Greenhouse gases:    110.4 CO2 g/km. (CO2 – Carbon dioxide emission)
Exhaust system:    Transmission
Chassis, suspension, brakes and wheels
Frame type:    Steel Diamond. Swing arm: 605mm.
Rake (fork angle):    25.0°
Trail:    101 mm (4.0 inches)
Front suspension:    41mm convensional telescopic fork 120mm stroke
Front suspension travel:    120 mm (4.7 inches)
Rear suspension:    Monoshock damper with adjustable preload, 43.5mm stroke
Rear suspension travel:    128 mm (5.0 inches)
Front tyre:    120/70-ZR17
Rear tyre:    180/55-ZR17
Front brakes:    Double disc. Hydraulic. Two-piston calipers.
Front brakes diameter:    320 mm (12.6 inches)
Rear brakes:    Single disc. Hydraulic. Single-piston caliper.
Rear brakes diameter:    240 mm (9.4 inches)
Physical measures and capacities
Weight incl. oil, gas, etc:    208.0 kg (458.6 pounds)
Seat height:    810 mm (31.9 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height:    1,120 mm (44.1 inches)
Overall length:    2,110 mm (83.1 inches)
Overall width:    775 mm (30.5 inches)
Ground clearance:    150 mm (5.9 inches)
Wheelbase:    1,450 mm (57.1 inches)
Fuel capacity:    17.30 litres (4.57 gallons)
Reserve fuel capacity:    3.50 litres (0.92 gallons)
Oil capacity:    3.50 litres (0.23 quarts)
Other specifications
Starter:    Electric
Electrical:    12V/8.6AH battery.

Nah bagaimana Sob kira-kira sekilas gambaran SV tentang penilaian Moge CB&CBR650F ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Sobat Bikers semua nih. Dan seperti biasa Sv juga punya oleh-oleh jepretan foto-foto selama event di Ecobar Kemang Jakarta lho. silahkan diEnjoy…


Sumber : Honda AHM
Editor : Ryan

Eat-Sleep-Ride-Repeat

One thought on “Bike News : AHM perkenalkan CB650F dan CBR650F

Leave a comment