Gears & Gadget: Helm impor tanpa cap SNI, dipermasalahkan?

polisi tilang helmKalau helm impor kualitas numero uno beli dari luar negeri yang notabenenya udah certified DOT atau SNELL atau bahkan ECE, tapi ga ber-SNI, lah kok saya kena razia pak polisi???? Isu yang dulu sempat hangat dibicarakan beberapa waktu lalu nongol lagi, diajang Yamaha Sunday Race R-Cup Series leg 2 di Sentul pekan lalu. Mungkin pihak penyelenggara pengen main aman, karena sempat ada kecelakaan parah antara rider Thailand dan Indonesia (google aja sob, pasti nemu), jadi mereka ingin memastikan semua celahnya tertutup in case shit happen lagi, mereka bisa berlindung dibalik undang-undang. Kok bisa helm yang nongol di MotoGP ga boleh masuk di Sentul!? Sebenernya gimana sih SNI kalau dibandingkan dengan standar sertifikasi luar negeri?agv anvil testYang kita jadiin tolak ukur di artikel SNI vs DOT vs SNELL (ada lagi ECE di Eropa tapi ini by default udah di atas ECE lah, jadi ga usah dibahas dulu), secara garis besar DOT adalah standar yang dipakai di US dan SNELL adalah lembaga independen yang standarnya juga diterima dibanyak negara. Banyak yang bilang SNELL lebih terpercaya karena memang manufaktur helm untuk menjual harus DOT approved tapi manufaktur bisa melakukan sendiri tesnya dengan standar DOT dan mencap helmnya DOT Approved, kalau SNELL harus pihak SNELL yang melakukan. Biar straight forward, ni ringkasan tesnya sob:

SNI | DOT | SNELL:
+ Uji redam; maksimal gaya & kecepatan tabrakan: 300 g @ 6.5 m/s | 400 g @ 6 m/s | 275 g @ 7.75 m/s
+ Uji penetrasi; berat paku & ketinggian dijatuhkan: 3 kg & 1.6 m | 3 kg & 3 m | mirip dengan uji redam tapi menggunakan besi tajam
+ Uji tali dagu: ya + kelicinan tali| | ya | ya + kelicinan tali
+ Uji visor: tidak | tidak | pellet 1 gram @ 500 km/h

shoei snell

Detil perhitungan ataupun standar alat testnya ada di manual masing-masing sob kalau mau, tapi yang ingin ditekankan disini adalah, apakah make sense melarang penggunaan helmet yang di beberapa poin testnya itu lebih tinggi standarnya, dan sudah terbukti di dunia otomotif internasional hanya karena tidak bersertifikat SNI?? Apalagi banyak yang sudah DOT + SNELL approved, atau bahkan DOT + SNELL + ECE approved. Tapi FYI aja, kalau sobat-sobat di US, dan memakai helm standar ECE (standar yang lebih tinggi dari DOT & SNELL), tapi belum DOT approved, kalau polisinya mau mempermasalahkan juga ada pasalnya itu sob haha. So, kembali ke opini masing-masing aja ya. Yang penting pake helm, jangan kayak temen-temen tukan ngaji kita yang cuman pake kopiah doang kalau lagi “kopdar.”

Sumber: DirJenHubDat, Snell, NHTSA
Editor: Yasser Rifemi

Eat – Sleep – Ride – Repeat

 

 

Leave a comment